Monday, January 2, 2012

Downgrade BBM

Karena tergiur dengan tawaran upgrade ke BBM6 oleh AppWorld, saya akhirnya menyesal. Akibatnya, aplikasi BBM tidak seresponsif (baca: lemot) seperti menggunakan versi sebelumnya, yaitu BBM5. Forum berryindo.com menulis penyebab BBM6 lemot karena penggunaan memori yang lebih besar daripada BBM5. Menurut saya sih, bukan penggunaan memori yang besar. Di handset saya (tipe Javelin 8900), setelah install BBM6, masih ada free memory sekitar 55 - 61 MB, sepertinya angka ini hampir sama seperti ketika saya masih menggunakan BBM5.

Menurut saya BBM6 ini lebih banyak utilize CPU, sehingga CPU lebih sibuk untuk melayani aplikasi BBM6 ini, jadinya handset menjadi lebih lemot.

Saking kesal dengan kelemotan BBM6 ini, saya nekad melakukan downgrade sendiri BBM ini. Tadinya mau bawa ke toko handphone di Roxy, tp krn uda saking kesalnya, saya manfaatkan jam makan siang di kantor untuk mendowngrade BBM. Saya pikir kalaupun gagal ya sudah nanti sore baru dibawa ke Roxy, setidaknya saya mencoba dulu. Saya dapat link untuk mendownload BBM5 di sini, yaitu versi 5.0.3.22, sepertinya versi ini sudah cukup stabil.

Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut:

  1. Delete aplikasi BBM (bisa melalui AppWorld, atau melalui menu Settings)
  2. Download aplikasi BBM5 di link yang sudah saya berikan di atas.
  3. Install BBM5 tersebut, berdoa saja supaya instalasi tidak terputus di tengah jalan karena corrupt atau hal lain.
  4. Restart handset
  5. Masuk ke BBM, mestinya semua contacts yang ada tidak hilang, tapi untuk group kemungkinan harus minta di-invite ulang.
  6. BBM5 sudah dapat digunakan.

No comments:

Post a Comment